Kontak Kusen Infonesia

2012-03-03
Lantai kayu/parket

Sesuai perkembangan Jaman saat ini,Tehnologi yang berkembang begitu pesat tak hayal banyak bermunculan berbagai motif lantai, entah dari keramik, marmer, granit dll, namun  Banyak dari sebagian kalangan dalam memilih lantai mereka memakai lantai berbahan kayu atau biasa disebut PARKET, mungkin kesan memakai lantai parket ini , terlihat, antik, elegan, terkesan sejuk dan nyaman.

       Dalam sistem pamasangan  ada tiga tipe: Lidah - mulut, Klik , dan Lem paku

Inti dari Lidah-mulut dan Klik adalah saling megunci , sementara sistme Lem paku adalah memberi perekat dan mengikatnya dengan paku.

Parket kayu dapat mengalami kerusakan, penyebabnya adalah : terkena air yang lama, geseka dari benda tajam, pergerakan tanah atau peningkatan suhu plester semen dan bisa juga kesalahan pasang . jadi apabila parket anda rusak gantilah pada parket yang rusak aja tidak perlu membongkar parket secara keseluruhan.

      Yang jadi pertanyaan bagaimana cara mengganti lantai parket yang  telah rusak

1. Lepaskan lantai parket yang rusak

Bor sekeliling lantai parket yang rusak, lalu congkel dengan alat catut dan palu. pastikan anda tidak merusak lantai parket disekitarnya .

2. Kerok Lem adhesive  dibawah lantai parket yang rusak

Setelah parket terlepas, akan ditemukan bekas lem adhesive dibawahnya, hilangkan sisa-sisa lem tersebut dengan alat pengerok.

3. Cari parket pengganti yang senada (warna, motif, bentuk, ukuran)

Jangan lupa sebelum ke toko untuk membeli penggantinya cek dahulu parket yang lama , motif, ukuran, bentuknya, jangan sampai kita salah beli

4. Biarkan Parket baru didalam ruangan selama minimal 24 Jam

Letakkan parket didalam ruangan minimal 24 jam. tujuannya untuk menyesuaikan temperatur dan kelembapan ruangan

5. Aplikasikan Adhesive

Pastikan seluruh sisa-sisa Lem adhesive sudah bersih, dan aplikasikan lem adhesive pada dasar lantai, tunggu beberapa saat sampi lem agak mengeras dan lengket.

6. Pasang lantai parket yang baru

Pasang lantai parket yang baru, dengan bagian lidahnya terlebih dahulu ke dalam mulut pengunci pada parket disebelahnya.

7. Finishing lantai yang baru dipasang

Jika lantai parket yang lama udah di finishing maka lantai parket yang baru juga harus di finishing biar warna sama