Kontak Kusen Infonesia

2011-11-07
Tips merawat kusen agar tetap awet

 

          Kita tentunnya ingin suatu barang/benda yang kita miliki awet (tahan lama), begitu juga dengan kusen yang terpasang di rumah tinggal kita. Agar tetap awet, semua barang tentu butuh perawatan...? Apalagi, lokasi kusen yang kebanyakan ada di luar ruangan menyebabkan kusen kerap terkena panas matahari, debu, dan tampias hujan.

Kusen dengan bahan Alumunium

             Bahan kusen dengan Alumunium adalah kusen pintu yang tidak membutuhkan perawatan rutin. Sebab, kusen jendela jenis ini tidak akan berkarat dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kusen alumunium juga kuat menahan sinar matahari dan siraman air hujan sekaligus. Makanya, kusen pintu jenis ini hanya butuh perawatan yang minimal, hanya dengan mengelapnya secara rutin. Dan, untuk membersihkan kusen alumunium cukup menggunakan lap basah dan hindari dari benturan

Kusen dengan bahan Cor

            kusen cor juga tidak membutuhkan perawatan secara khusus. Yang penting adalah, daun pintu atau jendela yang tergantung pada saat pengecoran harus benar-benar kering. Kusen cor hanya membutuhkan perawatan dari pewarnaan saja. “Kalau cat nya pudar,tinggal cat ulang lagi,” kusen cor agar lebih awet hindari dari benturan keras yang dapat merusaknya. “Sebab memperbaiki kusen cor cukup sulit,”

Kusen dengan bahan Kayu

             Kusen dengan bahan kayu sebelum dipasang, agar kayu tersebut di lapisi dengan anti rayap bisa juga ditambahkan lapisan tahan jamur. Kalau warna kayunya mulai kusam, maka tinggal dilakukan pengecatan ulang. Tapi cat yang digunakan bukan sembarangan cat. Pilihlah cat kayu yang tahan terhadap segala cuaca. Agar kusen tahan terhadap cuaca biasanya banyak menggunakan politur dan cat

Dalam perawatan kusen kayu tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Biasanya kayu jati tidak perlu menggunakan anti rayap karena mingingat kayu jati ada unsur minyaknya sehingga rayap tidak akan doyan..beda dengan jenis kayu yang lainnya perlu menambahkan anti rayap. Ada dua jenis kayu yang biasa digunakan bahan kusen dan pintu rumah. Untuk kelas menengah ke atas atas, biasanya memakai kayu jati dan kamper samarinda dan untuk kelas menengah ke bawah biasa pakai bahan kayu kamper Medan, Kamper Singkil, Meranti.